Kamis, 20 Oktober 2011

Perangkat e-KTP Rusak Disambar Petir

 
NANGA BULIK
 
Pelayanan pembuatan Kartu Tanda Penduduk Elektronik (e-KTP) di Kecamatan Bulik, Kabupaten Lamandau terhambat. Lantaran perangkat lunak berupa server jaringan rusak disambar petir.
Mestinya, pelayanan perekaman data masyarakat pembuatan e-KTP, telah terlaksana awal Oktober lalu. Namun, mendapat kendala karena server jaringan disambar petir, akhir pekan lalu.
Sehingga, pelayanan pembuatan untuk masyarakat di wilayah Kecamatan Bulik, terpaksa tidak dapat dilaksanakan dalam waktu dekat, sebab harus menunggu alat serupa didatangkan dari pusat, agar kembali fungsional.
Menurut, Camat Bulik Atie Dieni, semenjak server mengalami kerusakan pelayanan pembuatan e-KTP terpaksa dihentikan sementara waktu. Sebab, dengan rusaknya server tersebut, data penduduk tidak terbaca pada sistem informasi administrasi kependudukan (SIAK).
“Kondisi ini sudah kami laporkan pada Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil (Disdukcapil) Lamandau, dengan demikian terpaksa sementara waktu sembari menunggu perbaikan,” katanya, pada Tabengan, melalui telepon, Rabu (19/10).
Disebutkannya, pihak Kecamatan sudah membuat pengumunan, yang isinya berupa pemberitahuan kepada masyarakat, bahwa perekaman data tidak dapat dilayani akibat kerusakan alat.
Meskipun demikian, pihak Kecamatan Bulik masih menunggu proses perbaikan alat-alat yang rusak. Namun hingga saat ini, belum ada tanggapan dari Disdukcapil Lamandau, terkait kapan melakukan perbaikan.
“Sampai sekarang belum ada informasi sampai kapan perbaikan dapat dilakukan, tapi kami berharap perbaikan bisa dilaksanakan secepatnya, agar pelayanan bisa kembali diberikan,” harapnya.
Sementara, Disdukcapil Lamandau Syam Sius melalui Sekretaris Nanang Rully Handoko mengungkapkan, pihaknya sudah menerima laporan dari pihak Kecamatan dan sudah meneruskan laporan tersebut ke pusat.
“Kita juga sudah melaporkan kejadian ini ke pusat dan dalam waktu dekat akan segera dilakukan perbaikan. Untuk mengatasi masalah tersebut, juga akan didatangkan konsultan dari pusat, diharapkan perbaikan tidak memakan waktu lama, sehingga pelayanan bisa dilakukan kembali seperti biasanya.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar