Sabtu, 16 Juli 2011

Kegiatan Khitanan Massal PNPM-MP Kecamatan Bulik

Unit Pengelola Kegiatan (UPK) Program Nasional Pemberdayaan Masyarakat Mandiri Perdesaan (PNPM-MP) berhasil memperoleh laba dari kegiatan simpan pinjam.
Kelebihan dari laba simpan pinjam tersebut, selanjutnya dipergunakan bagi kepentingan masyarakat kurang mampu, seperti melakukan khitanan massal, dilaksanakan di Gedung LKMD Nanga Bulik
Setiap desa di Kecamatan Bulik diberikan kesempatan untuk lima orang anak mengikuti sunatan missal. Dari 60 orang anak yang mendaftar, sampai kegiatan sunatan missal dimulai, anak yang datang mengikuti hanya sebanyak 40 orang, sedangkan sisanya tidak datang.
Penanggung jawab Operasional Kegiatan (PJOK) PNPM-MP Kecamatan Bulik M Syaifudin Zuhri, mengatakan, program tersebut memang baru pertama kalinya dilaksanakan.
Kegiatan sunatan terselenggara atas hasil kesepakatan pada rapat bersama semua desa yang ada di kecamatan Bulik, dananya berasal laba dari simpan pinjam dana PNPM-MP yakni sebesar 15 persen atau kurang lebih Rp40 juta, digunakan untuk kegiatan sunatan massal untuk membantu warga kurang mampu.
Asisten III Setda Lamandau Tahan Sandi, membacakan sambutan Bupati Lamandau Marukan pada acara khinatan massal mengatakan, kegiatan khinatan massal itu sangatlah penting dilaksanakan karena bermanfaat bagi kesehatan.
Sementara itu para peserta khinatan kali ini tampaknya masih kecil-kecil, berkisar antara kelas 2 SD hingga kelas 5 SD. Saat kloter pertama akan di sunat beberapa anak terlihat menjerit dan menangis histeris, meski belum diapa-apakan.
Mereka tampak panik saat melihat tenaga medis mempersiapkan peralatan untuk mengkhitan. Akibatnya anak-anak yang masih menunggu di antrian belakang justru terlihat takut duluan, karena mendengar jeritan temannya tersebut.
(Sumber : Harian Tabengan)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar